Otak, Sistem Saraf Pusat Dan Perkembangan Jenis Tumor

Otak dan tulang belakang merupakan bagian terbentuknya sistem saraf pusat (SSP), di mana semua bagian fungsi penting dari tubuh dikendalikan. Fungsi ini meliputi bagian tubuh lainnya seperti pikiran, ucapan, dan gerakan tubuh. Berarti jika tumor tumbuh dan berkembang di area CNS, maka hal ini dapat mempengaruhi cara proses berpikir seseorang, cara mereka berbicara, ataupun dapat mempengaruhi dari setiap gerakan yang seseorang lakukan. Bagian ini dapat menumbuhkan tumor otak primer, karena mulai berkembang dibagian otak. Jenis tumor otak primer ini masih tergolong rendah dan pada umumnya berkembang secara perlahan. Tumor otak sekunder atau juga disebut sebagai metastasis otak, yang jauh lebih umum daripada tumor primer. Jenis tumor otak sekunder ini dimulai dari bagian lain dari tubuh, seperti payudara, paru-paru, atau usus besar, kemudian menyebar ke bagian otak.

Anatomi otak

Otak terdiri dari empat bagian utama yaitu otak, otak kecil, batang otak, dan meninges. Otak ini adalah bagian terbesar dari otak yang berisi dua belahan otak di kedua sisi otak yang masing-masing dapat mengontrol sisi berlawanan dari tubuh. Hal ini dibagi menjadi empat lobus dengan fungsi tertentu seperti berikut ini :

  • lobus frontal ini berfungsi untuk mengendalikan penalaran, emosi, pemecahan masalah, ekspresi saat berbicara, dan gerakan tubuh
  • lobus parietal ini dapat mengontrol sensasi sentuhan, seperti tekanan, rasa sakit, dan suhu. Ini juga mengontrol bagian dari berbicara, orientasi visual-spasial, dan perhitungan
  • lobus temporal bagian mengontrol indera khusus seperti pendengaran, dan kemampuan untuk memahami lisan atau kata-kata dalam tulisan
  • lobus oksipital, menerima dan menafsirkan impuls dari saraf optik yang menyampaikan informasi visual misalnya pengulangan. bentuk, warna dan gerakan rangsangan visual.

Bagian otak

  • otak kecil, otak kecil terletak di bagian belakang otak di bawah otak besar. Hal ini bertanggung jawab untuk cara kita berkoordinasi dengan fungsi keseimbangan dan kontrol pada sisi yang sama dari tubuh.
  • batang otak, ini adalah bagian dari otak yang terhubung ke sumsum tulang belakang. Fungsinya untuk mengontrol detak jantung dan pernapasan.
  • meninges, ini adalah membran yang mengelilingi dan melindungi otak maupun sumsum tulang belakang. Ada tiga lapisan meningeal, yang disebut dura mater, arachnoid, dan pia mater. Cairan serebrospinal (CSF) diproduksi dibagian yang dekat dengan pusat otak, dalam ventrikel lateral. CSF bersirkulasi di sekitar otak dan sumsum tulang belakang antara lapisan arachnoid dan pia.

Jenis tumor otak

Ada banyak jenis dari penyakit tumor otak primer ini, beberapa lainnya tidak dapat diketahui jenis yang tepatnya karena lokasi pertumbuhan tumor otak tersebut masih belum bisa secara pasti dapat disembuhkan dan dihilangkan.

Glioma

Glioma adalah tumor yang tumbuh dari sel glial, yang merupakan sel pendukung pertumbuhan dalam otak. Jenis utama dari sel dalam otak ini seperti astrosit, oligodendrocytes, dan sel-sel ependymal. Glioma disebut juga sebagai astrocytoma atau oligodendroglioma. Glioma termasuk jenis tumor dengan kelas tinggi dan biasanya tumbuh dan berkembang lebih cepat.

Astrocytoma

Astrocytoma adalah jenis yang paling umum dari pada jenis glioma, pertumbuhan tumor jenis ini dimulai dari sel yang disebut astrosit pada bagian otak kecil. Ada empat nilai dari astrocytoma.

  • kelas I atau astrocytoma pilocytic adalah tumor yang tumbuh lambat namu jinak dan jarang menyebar ke jaringan lain yang berada di dekatnya.
  • kelas II atau astrocytoma adalah tumor yang tumbuh lambat yang dapat menyebar ke jaringan di dekatnya dan bisa menjadi kelas yang lebih tinggi.
  • kelas III atau astrocytoma anaplastik adalah tumor kanker yang dapat dengan cepat tumbuh dan menyebar ke jaringan di dekatnya.
  • kelas IV atau glioblastoma adalah bentuk yang sangat agresif dari jenis astrocytoma yang membentuk sekitar 16% dari semua pertumbuhan tumor otak.

Oligodendroglioma

Oligodendroglioma merupakan tumor yang berkembang dari sel-sel yang disebut oligodendrocytes. Sel-sel ini yang bertanggung jawab dalam memproduksi myelin. Myelin ini mengelilingi saraf dan kaya protein serta zat lemak yang disebut lipid. Oligodendrogliomas jadi penyebab sekitar 2% dari pertumbuhan tumor otak primer dan masih termasuk kedalam jenis tumor otak kelas rendah.

Limfoma SSP primer

Limfoma adalah jenis kanker yang dimulai di sistem limfatik. Limfoma SSP primer dimulai dari otak dan dapat menyebar ke dalam cairan tulang belakang dan mata.

Medulloblastoma

Medulloblastoma dimulai dari sel granular di otak kecil. Hal ini paling sering terjadi pada anak-anak dan biasanya kanker sering menyebar ke seluruh bagian SSP.

Craniopharyngioma

Craniopharyngioma adalah jenis tumor jinak yang dimulai dari dekat kelenjar hipofisis yang terletak di dekat dari dasar otak.

Schwannoma akustik

Schwannoma akustik atau juga disebut neuroma akustik atau schwannoma vestibular. Ini adalah jenis tumor langka yang dimulai pada saraf vestibular, yang merupakan saraf di telinga bagian dalam yang membantu mengontrol keseimbangan tubuh.

Tidak hanya tumor saja yang dapat menyerang otak kita, akan tetapi permasalah lain seperti cedera otak juga dapat menimbulkan masalah komplikasi dan masalah kesehatan lainnya.

 

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *