Penyebab Dan Gejala Umum Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi yang terjadi di dua bagian sistem kemih yang melibatkan saluran kemih bagian bawah. Saluran kemih sendiri terdiri dari kandung kemih, ginjal, ureter dan uretra. Lihat juga ciri timbulnya penyakit batu ginjal!

Infeksi saluran kemih adalah jenis gangguan kondisi kemih yang paling umum terjadi pada setiap orang setiap tahunnya. Lebih dari 50% penderita wanita lebih mudah mempunyai masalah ISK dibandingkan dengan pria, karena perbedaan anatomi, uretra yang dimiliki wanita ternyata lebih pendek dibandingkan pada pria, dan lebih dekat dengan anus, sehingga kemungkinan besar bakteri memasuki kandung kemih.

Ternyata wanita hamil lebih beresiko tinggi terhadap timbulnya penyakit ISK ini dari pada wanita biasa pada umunya, tapi jika kondisi tersebut terjadi diluar keadaan hamil maka kemungkinan besar kondisi tersebut akan sampai merambat kebagian ginjal akibat perubahan anatomi yang mempengaruhi saluran kemih pada saat kehamilan. Penyakit ISK yang terjadi saat kehamilan tentunya membahayakan kesehatan si ibu dan bayinya, kebanyakan wanita hamil juga pastinya melakukan tes kesehatan untuk mengetahui bakteriuria, yang biasanya dapat diobati dengan antibiotik profilaksis.

Kebanyakan kondisi medis ISK ini tidak terbilang serius, tetapi beberapa dari kondisi tersebut juga dapat menyebabkan masalah serius lainnya, terutama dengan infeksi saluran kemih yang terjadi dibagian atas. Infeksi ginjal yang sudah lama (kronis) dapat menyebabkan kerusakan permanen, dan beberapa infeksi ginjal mendadak (akut) dapat mengancam jiwa, terutama jika septikemia (bakteri memasuki aliran darah) terjadi. Jika kondisi ini terjadi pada wanita hamil biasanya akan mempengaruhi keadaan si bayi yang akan menyebabkan kelahiran prematur serta berat badan yang rendah.

Penyebab infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih disebabkan karena adanya mikroba berhasil melewati pertahanan alami dari dalam tubuh kita. Sebagian besar kasus ISK ini disebabkan oleh bakteri Escherichia coli (E. coli), yang biasanya ditemukan dalam sistem pencernaan. Chlamydia dan Mycoplasma juga termasuk kedalam jenis bakteri yang dapat menginfeksi saluran kencing namun tapi tidak menjalar kebagian saluran kandung kemih. Lihat juga penyebab dan gejala usus buntu!

Pada umumnya, penyakit ini dapat diderita oleh semua jenis kelamin dan dari semua kalangan usia, namun masih ada beberapa orang yang kemungkinan mempunyai resiko tinggi untuk mengembang penyakit ISK ini, seperti:

  • hubungan seksual (terutama jika lebih sering, intens dan dengan beberapa atau orang yang baru)
  • penderita diabetes
  • kondisi kebersihan lingkungan yang buruk
  • selalu menahan buang air kecil
  • memiliki kateter pada kandung kemih
  • inkontinensia usus
  • tertutupnya aliran urin
  • batu ginjal
  • pemakaian beberapa bentuk kontrasepsi
  • kehamilan
  • kondisi haid yang tidak teratur
  • menjalani prosedur medis yang melibatkan saluran kemih
  • melemahnya sistem kekebalan tubuh
  • Penggunaan spermisida atau pembalut

Gejala infeksi saluran kemih

Gejala infeksi saluran kemih dapat timbul berbeda-beda tergantung pada usia, jenis kelamin, kondisi kateter dan bagian daerah mana yang sudah terkena infeksi pada si penderita. Gejala umum dari infeksi saluran kemih meliputi:

  • dorongan ingin buang air kecil walaupun tidak ada air urin yang keluar
  • urin menjadi berbau tajam dan berdarah
  • timbul rasa nyeri atau sensasi terbakar saat buang air kecil
  • mual dan muntah
  • nyeri otot dan nyeri perut

Memang benar loh kalau menahan buang air itu menyebabkan infeksi pada saluran kemih, karena urin kan terdiri dari sisa cairan tubuh yang seharusnya kita keluarkan namun kita tahan yang kemudian menyebabkan bakteri dan kotoran yang berada diurin tersebut menginfeksi saluran kandung kemih, yang merupakan bagian tempat yang kita gunakan untuk menahan air urin. Tapi, kebiasaan buruk tersebut tidak hanya dapat menyebabkan infeksi saluran kemih saja, ternyata masih banyak lagi masalah kesehatan yang timbul akibat menahan buang air kecil yang biasa dilakukan secara terus-menerus apalagi dalam jangka waktu yang lama.

Timbulnya penyakit infeksi saluran kemih ini disebabkan oleh berbagai penyebab yang tidak kita sadari penyebab itu merupakan kebiasaan buruk yang sering kita lakukan setiap harinya, seperti halnya dengan masalah kesehatan toilet duduk, bukanya toilet duduk ini merupakan kebiasaan banyak orang di Dunia yang sudah mengikuti perubahan zaman akibat adanya teknologi yang mulai maju, yang awalnya juga ketika Buang Air Besar dengan posisi jongkok yang kemudian berubah dengan cara duduk.

Tidak semua perubahan zaman tersebut dapat memberikan manfaat atau keuntungan untuk kehidupan kita, ya seperti toilet duduk tersebut. Untuk itu, kita harus lebih bisa untuk mengetahui hal buruk dan baik dari setiap aktivitas yang kita lakukan, jika tidak malah menimbulkan kondisi yang buruk terhadap kesehatan tubuh kita lagi, karena sesuatu itu pastinya mempunyai keuntungan dan kerugian tersendiri.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *