Penyebab, Pencegahan Dan Penyembuhan Penyakit Katarak

Katarak adalah penyakit mata yang terjadi kekeruhan pada lensa di daerah mata secara alami, yang terletak di belakang iris dan pupil. Katarak adalah penyebab paling umum yang menyebabkan seseorang kehilangan penglihatan yang biasanya lebih terjadi pada usia di atas 40 tahun dan merupakan penyebab utama kebutaan di dunia. Bahkan, ada lebih banyak kasus mengenai penyakit katarak di seluruh dunia dari pada penyakit glaukoma, degenerasi makula dan retinopati diabetes.

Hari ini, lebih dari 22 juta orang amerika di usia 40 ke atas di pengaruhi oleh penyakit katarak. Dan sebagian penduduk AS yang lebih dari 30 juta orang diperkirakan akan memiliki katarak pada tahun 2020.

Katarak subkapsular terjadi di belakang lensa, Orang dengan penderita diabetes akan lebih mudah mengalami penyakit katarak jenis ini. Katarak dengan jenis nama katarak nuklir ini terjadi jauh di dalam zona inti (nukleus) dari lensa pada bola mata. Katarak dengan nama katarak kortikal ini biasanya ditandai dengan warna putih di bagian bola mata, kekeruhan terjadi mulai dari pinggiran lensa dan bekerja dengan cara melebar ke pusat mata. Jenis katarak di korteks lensa terjadi karena merupakan bagian dari inti yang ada di bagian mata.

Gejala katarak dan Tanda

Katarak akan di mulai dengan proses kecil dan hanya memiliki efek sedikit pada gangguan penglihata, itu yang akan membuat penglihatan anda menjadi kabur. Jika semuanya terlihat kabur, dan kusam, itu tandanya anda mengidap penyakit katarak. Penyebab katarak bisa terjadi ketika anda melihat matahari atau lampu yang tampak terlalu terang dan silau dalam jangka waktu yang lama.

Jenis katarak mempengaruhi anda persis seperti apa yang anda alami dan seberapa cepat perkembangannya akan terjadi. Ketika katarak nuklir pertama berkembang, anda tentu saja bisa memperbaikinya dengan cara yang sudah di anjurkan dokter, dan apabila anda tidak secara cepat dan tepat menangani ini, tentunya ini akan memperburuk penyakit katarak yang anda alami.

Di sisi lain, penderita katarak subkapsular tidak akan mengalami gejala gejala seperti penyakit katarak yang lainnya. Dan untuk lebih meyakinkannya lagi alangkah baiknya jika kita berkonsultasi dan memeriksakan ke dokter tentang penyakit apa yang sudah kita rasakan.

Apa Penyebab Katarak?

Lensa di dalam mata bekerja seperti lensa kamera, memfokuskan cahaya ke retina untuk penglihatan yang jelas, juga fokus untuk menyesuaikan mata, membiarkan kita melihat hal-hal dekat dan memperjelasnya dengan kedua bola mata kita. Lensa terbuat dari air dan protein, protein yang diatur sedemikian diperlukan untuk menyimpan lensa yang jelas dan memungkinkan cahaya agar bisa melewatinya. Tidak ada yang tahu pasti mengapa lensa mata seperti yang kita ketahui mengalami perubahan dan dapat membentuk katarak. Tapi peneliti di seluruh dunia telah mengindentifikasi tentang apa saja yang bisa menyebabkan seseorang mengalami penyakit katarak.

Ini dia beberapa penyebab penyakit katarak :

  • Radiasi sinar ultraviolet dari matahari secara langsung
  • Diabetes, hipertensi, obesitas, merokok
  • Pengunaan obat kortikosteroid dalam jangka waktu yang lama
  • Mata yang sudah cedera atau pernah mengalami operasi
  • Konsumsi alkohol secara terus menerus
  • Riwayat keluarga

Pencegahan katarak

Meskipun ada kontroversi yang signifikan tentang apakah kita menderita penyakit katarak atau tidak, tetapi sejumlah studi menyarankan kita agar mengkonsumsi nutrisi tertentu dan suplemen gizi yang dapat mengurangi risiko katarak.

Sebuah studi menemukan bahwa makanan dengan jumlah vitamin yang cukup tinggi itu dapat mengurangi resiko anda terkena penyakit katarak contohnya makanan yang mengandung vitamin E dan karotenoid lutein serta zeaxanthin. Penelitian lain juga menunjukkan antioksidan vitamin C  seperti makanan mengandung asam lemak omega-3 akan mengurangi risiko terkena penyakit katarak. Langkah lain yang dapat anda lakukan untuk mengurangi risiko terkena penyakit ini adalah dengan memakai kacamata pelindung yang bisa memblokir 100 persen kornea mata kita dari sinar UV matahari.

Metode penyembuhan yang dapat anda lakukan ialah dengan cara menggunakan kaca mata dengan kualitas bagus untuk bisa memperjelas penglihatan anda sementara. Dan cara lain yang dapat di lakukan untuk memulihkan penglihatan anda kembali, anda bisa melakukan operasi, karena operasi akan mengangkat bagian lensa yang berkabut pada bagian bola mata kita. Proses operasi ini akan menggantikan lensa kita dengan pengembangan teknologi baru yaitu intraokular plastik (IOL). Menurut penelitian IOL ini akan membantu anda untuk bisa melihat lebih jelas dan dapat melihat dari segala arah dan juga akan membantu anda untuk memblok sinar ultraviolet langsung dari matahari.

Penyakit bisa menyerang siapa saja dengan kelemahan tubuh tersendiri yang tidak bisa menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh kita, sudah seharusnya kita menjaga pola makan kita agar sistem kekebalan tubuh kita kuat dan terjaga, sehingga tidak sembarang virus ataupun bakteri bisa bersarang di tubuh kita.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *