Penyebab Timbulnya Bau Badan Dan Bau Kaki

Bau badan (bromhidrosis, osmidrosis atau ozochrotia) merupakan aroma bau tidak sedap yang timbul dari bagian tubuh kita yang disebabkan oleh sejumlah bakteri yang hidup di kulit memecah keringat menjadi asam. Aroma bau yang di keluarkan oleh tubuh kita tidak hanya berasal dari bagian tubuh yang tidak terjangkau saja (seperti bagian ketiak, sela-sela jari dll) tapi aroma bau juga dapat di hasilkan dari kondisi mulut yang kotor loh. Jadi, ada baiknya kalau kita mengetahui beberapa makanan penyebab timbulnya bau mulut agar kita bisa menghindari beberapa penyebabnya tersebut.


Bau badan biasanya terjadi di saat orang sudah menginjak masa pubertas atau di sekitaran umur 14-16 tahun pada wanita dan 15-17 tahun pada laki-laki. Orang yang mengalami obesitas, orang yang rutin mengkonsumsi makanan pedas, serta orang yang menderita suatu jenis kondisi medis tertentu, seperti diabetes juga ternyata lebih rentan terhadap timbulnya kondisi bau badan.

Orang-orang yang berkeringat berlebih atau penderita hiperhidrosis juga dapat mengalami bau badan, karena meningkatnya jumlah garam dari keringat yang terlalu tinggi sehingga memudahkan bagi bakteri untuk memecah menjadi asam yang menjadi penyebab timbulnya aroma tidak sedap. Sejumlah keringat yang menjadi penyebab timbulnya bau badan biasanya terjadi dibagian kaki, pangkal paha, ketiak, alat kelamin, rambut kemaluan dan rambut lainnya, pusar, anus, belakang telinga, dan sampai batas tertentu (lebih rendah) dari sisa kulit kita.

Bau badan juga ternyata mempunyai manfaat untuk kegiatan tertentu, seperti halnya ketika seekor anjing atau hewan peliharaan lainnya yang akan mengidentifikasi seseorang tersebut dengan cara mengenali ciri-ciri dari aroma badan. Bau badan yang unik dari masing-masing orang juga dapat dipengaruhi oleh diet, jenis kelamin, kesehatan, dan jenis obat-obatan yang digunakan. Lihat juga beberapa pencegahan untuk untuk menghindari bau mulut!

Dua jenis asam yang biasa hadir ketika timbul bau badan:

Asam propionat pada umumnya ditemukan dalam keringat. Propionibacteria tersebut akan memecah asam amino ke dalam asam propionat. Propionibacteria hidup di saluran kelenjar sebaceous dewasa dan seorang remaja yang sudah melalui masa pubertas. Beberapa orang dapat mencium bau aroma yang tidak sedap seperti aroma bau cuka, karena sama halnya dari asam propionat yang mirip dengan asam asetat, yang memberikan aroma asam cuka dan bau menyengat.

Asam isovaleric adalah sumber dari bau badan sebagai akibat dari tindakan atau pengaruh bakteri Staphylococcus epidermidis, yang juga banyak digunakan dalam beberapa produksi makanan fermentasi seperti keju. Lihat juga makanan yang dapat menyebabkan urin menjadi berbau!

Kelenjar keringat

Tubuh manusia rata-rata memiliki tiga hingga empat juta kelenjar keringat dalam tubuh mereka, namun ada dua jenis kelenjar yang menjadi timbulnya aroma tidak sedap pada tubuh kita.

  • Kelenjar ekrin

Salah satu jenis kelenjar keringat jenis ini hampir terletak dan terdapat di semua daerah di seluruh permukaan kulit tubuh. Kelenjar ini menghasilkan keringat yang akan keluar mencapai permukaan kulit melalui saluran tabung pori-pori di bagian permukaan kulit. Ketika keringat menguap dari kulit, maka bagian tubuh akan mulai didinginkan. Kelenjar ekrin bertanggung jawab terhadap pengaturan suhu tubuh kita.

  • Kelenjar apokrin

Kelenjar ini ditemukan di payudara, genital area, kelopak mata, ketiak dan telinga. Di daerah payudara kelenjar apokrin ini akan mengeluarkan tetesan lemak dalam ASI. Jika di daerah telinga, maka kerja dari kelenjar tersebut akan membantu untuk membentuk kotoran telinga. Kelenjar apokrin di kulit dan kelopak mata juga mempunyai peran yang hanya mengeluarkan kelenjar keringat yang normal. Sebagian besar kelenjar apokrin tersebut berada di kulit yang terletak di pangkal paha, ketiak dan sekitar puting payudara. Kelenjar apokrin di kulit biasanya memiliki aroma yang tidak sedap yang menjadi timbulnya bau badan.

Para ahli mengatakan bahwa feromon mempengaruhi bagaimana seseorang untuk mempunyai respon satu sama lain yang akan membuat seseorang dapat mempunyai daya tarik secara seksual yang disebabkan oleh bau feromon tersebut. Kelenjar apokrin bertanggung jawab terutama terhadap timbulnya bau badan karena keringat yang mereka hasilkan sangat tinggi protein yang juga dimana bakteri dapat dengan mudah memecah menjadi asam penyebab bau badan. Kelenjar ekrin memproduksi keringat yang tinggi garam, sehingga sulit bagi bakteri untuk memecah protein. Dengan kata lain, banyak kasus bau badan tersebut berasal dari keringat yang dihasilkan oleh kelenjar apokrin.

Apa yang menyebabkan bau kaki?

Sebagian besar dari kita ketika melakukan aktivitas atau demi sebuah tunjangan dalam menjalani aktivitas biasanya memakai sepatu dan kaus kaki, sehingga jauh lebih sulit bagi keringat untuk menguap, yang pada akhirnya akan memberikan bakteri lebih banyak keringat atau kondisi yang lembab untuk merubahnya menjadi zat yang dapat menghasilkan bau. Kondisi kaki yang lembab juga dapat meningkatkan risiko tinggi terhadap perkembangan jamur, yang juga dapat dapat menimbulkan aroma yang tidak menyedapkan.

Suplemen herbal untuk mempercantik kulit, supaya terhindar dari pertumbuhan jerawat, penuaan dini, kerutan, warna belang, dan kulit kusam dengan GLUCOBERRY dan GLUCOCOA.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *