Pisang – Baik Atau Buruk Ya Untuk Kita Konsumsi?

Pisang adalah salah buah yang paling populer di dunia. Buah yang satu ini sangatlah mudah untuk dikonsumsi, membuat pisang ini menjadi untuk digunakan sebagai makanan ringan. Pisang jumlah tinggi gizi, serat dan antioksidan, tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Namun, banyak orang yang masih meragukan mengenai kandungan pisang dengan kandungan gula dan karbohidratnya yang tinggi. Pisang juga mengandung beberapa nutrisi penting yaitu lebih dari 90% jumlah kalori dalam pisang tersebut berasal dari karbohidrat. Yang perlu kita ketahui, bahwasanya pisang memiliki beberapa manfaat kesehatan yang sangat menakjubkan untuk menjaga tubuh kita dari serangan radikal bebas, karena kandungan yang tinggi terhadap antioksidan.

Pisang yang sudah mulai matang secara alami akan mengubah patinya menjadi gula. Jadi, pisang masih mentah berwarna hijau mengandung tinggi pati, sementara pisang yang sudah matang (kuning) maka pisang tersebut mengandung sebagian besar gula. Pisang juga mengandung jumlah yang kaya akan kandungannya serat, tetapi mengandung jumlah yang sangat rendah terhadap protein serta lemak. Kandungan kalorinya pun berbeda-beda tergantung dengan warna dan berat pisang seperti pisang yang berukuran 118 gram memiliki sekitar 105 kalori. Berikut ini beberapa jenis nutrisi yang terkandung dalam buah pisang, seperti:

  • kalium 9% dari RDI
  • vitamin B6 33% dari RDI
  • vitamin C 11% dari RDI
  • magnesium 8% dari RDI
  • tembaga 10% dari RDI
  • mangan 14% dari RDI
  • fiber 3,1 gram

Pisang mengandung senyawa lain yang bermanfaat seperti antioksidan yang juga termasuk dopamin dan catechin. Setiap satu buah pisang mengandung sekitar 3 gram serat, yang membuat buah ini menjadi sumber serat yang sangat baik. Hijau atau mentah pisang kaya pati resisten, jenis karbohidrat yang dicerna dan berfungsi untuk tubuh yaitu serat. Jenis buah pisang yang masih hijau, maka semakin besar juga kandungan pati resistennya. Pati resisten telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan:

  • kesehatan usus besar meningkat
  • peningkatan perasaan kenyang setelah makan
  • resistensi insulin berkurang
  • terkontrolnya kadar gula darah setelah makan

Pektin adalah jenis lain dari serat makanan yang ditemukan dalam pisang. Pektin memberikan bentuk struktural untuk pisang, membantu pisang ini untuk menjaga bentuk dalam pertumbuhannya. Ketika pisang mulai menjadi matang, enzim akan memecah pektin dan akhirnya buah pun menjadi lembut dan lembek. Pektin dapat mengurangi nafsu makan dan kadar gula darah setelah makan dan juga dapat membantu melindungi terhadap timbulnya penyakit kanker usus besar.

Pisang memiliki manfaat untuk kesehatan pencernaan, pisang yang masih berwarna hijau kaya akan kandungan pati resisten dan pektinnya. Senyawa ini bertindak sebagai nutrisi prebiotik, yang memberi makan bakteri baik dalam sistem pencernaan. Nutrisi ini difermentasi oleh bakteri baik di usus besar, yang menghasilkan butirat. Butirat adalah asam lemak rantai pendek yang berkontribusi untuk kesehatan pencernaan. Hal ini juga dapat mengurangi risiko kanker usus besar.

Apakah pisang aman untuk penderita diabetes?

Masih banyak yang penasaran akan efek yang dapat ditimbulkan jika seorang penderita diabetes mengkonsumsi buah pisang, karena kandungan gula dan patinya yang sangat tinggi. Pisang memiliki jumlah yang sangat tinggi terhadap glikemik sekitar 42-62, tergantung pada kematangan buah pisang itu sendiri. Dengan mengatur jumlah asupan buah pisang yang akan dimakan bagi para penderita diabetes, terutama ketika pisang sudah mulai masuk dalam kondisi matang. Selain itu, harus diketahui bahwa penderita diabetes harus selalu memastikan untuk secara rutin memantau kadar gula darah mereka, setelah makan makanan yang kaya karbohidrat dan gula.

Apakah pisang memiliki efek negatif terhadap kesehatan?

Pisang tampaknya tidak memiliki efek samping yang serius terhadap kesehatan kita. Namun, ini hanya berlaku terhadap orang yang memiliki alergi saja. Penelitian telah menunjukkan bahwa sekitar 30-50% dari orang-orang yang menderita alergi terhadap lateks juga memiliki tubuh yang sangat sensitif terhadap beberapa makanan nabati.

Pisang merupakan sumber makanan utama kalium

Satu pisang yang berukuran sedang mengandung sekitar 0,4 gram kalium, atau 9% dari RDI. Kalium adalah mineral penting yang banyak dibutuhkan oleh tubuh kita, karena senyawa ini memainkan peranan penting dalam mengontrol tekanan darah dan fungsi ginjal. Diet kaya kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah dan bermanfaat untuk menyehatkan jantung.

Pisang merupakan sumber makanan utama magnesium

Pisang merupakan sumber yang baik dari kandungan senyawa magnesium, karena mengandung 8% dari RDI. Magnesium adalah mineral yang sangat penting dalam tubuh dalam melakukan fungsi kerja organ tubuh. Asupan tinggi yang kaya akan magnesium dapat melindungi terhadap berbagai macam masalah penyakit kronis, termasuk tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Terutama, magnesium sangatlah bermanfaat dan berpengaruh terhadap proses tumbuh kembang tulang kita.

Tidak hanya buah pisang saja yang mempunyai manfaat besar, ternyata kulit pisang juga mempunyai beberapa manfaat yang sangat luar biasa terhadap kesehatan tubuh kita.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *