Posisi Tidur yang Sehat Menurut Dokter

Tidur malam yang baik merupakan hal yang penting untuk kesehatan kita, tubuh, pikiran, dan suasana hati kita, karena kita akan menghabiskan sepertiga dari hidup kita untuk tidur. Menurut National Sleep Foundation, dianjurkan untuk orang dewasa mendapatkan tujuh sampai delapan jam tidur per malam.

Penyebab kesulitan tidur dapat disebabkan oleh sejumlah hal, mulai dari makan dan minum bahkan hal-hal sepele seperti posisi tidur yang salah. Menurut dokter ahli bedah tulang belakang ortopedi di DISC Sport & Spine Center di Los Angeles, California, delapan puluh persen dari populasi akan memiliki masalah di tulang di belakang mereka yang seringkali disebabkan oleh cara mereka tidur. The Doctors, Dr. Oz dan The Steve Harvey Show mengatakan, Hal ini menunjukkan posisi tidur bisa menjadi penyebab bagian punggung dan leher kita menjadi sakit.

Berikut beberapa posisi tidur yang baik dan posisi tidur yang buruk :

Posisi tidur terlentang

Tidur dengan posisi terlentang akan mempermudah kepala, leher, dan tulang belakang kita untuk menyelaraskan dan tetap dalam posisi netral. The Sleep Doctor mengatakan,  bahwa posisi ini sangat baik karena tidak adanya tekanan dari punggung, dan membaut tulang punggung anda dalam keadaan selaras dengan posisi badan lainnya. Seorang psikolog klinis dan kedua seorang diplomat dari American Board of Sleep Medicine dan rekannya dari American Academy of Sleep Medicine, yang juga ikut merekomendasikan untuk posisi berbaring telentang saat tidur.

Posisi telungkup

Posisi ini baik juga untuk tidur, karena ini akan mencegah kerutan pada bagian wajah dan mencegah kulit berjerawat. Menurut dokter ahli saraf di Norwood Clinic di Birmingham, Ala, tidur telentang juga dapat memerangi masalah acid reflux. Berbaring telentang berarti kepala terangkat, dan perut berada di bawah bagian kerongkongan, sehingga lebih kecil kemungkinannya zat (makanan) yang sudah dicerna untuk keluar kembali melalui kerongkongan. Sangat penting untuk dicatat bahwa tidur dalam posisi ini dapat mengakibatkan seseorang mendengkur. Selain itu, meletakan lengan Anda akan menambah tekanan pada saraf dari bahu, yang menyebabkan rasa sakit.

Posisi menyamping

Tidur dengan cara menyamping akan bermanfaat bagi pasien yang memiliki apnea pada tidur obstruktif, karena hal ini begitu rentan menyebabkan seseorang untuk mendengkur, sakit leher dan sakit punggung, dan bagi mereka yang sedang hamil. Posisi tidur dengan menyamping dan juga dapat menyebabkan mudahnya kulit mengalami penuaan secara cepat, karena menempatkan satu sisi wajah pada bantal dapat menyebabkan kulit wajah mudah keriput bahkan membuat payudara menjadi kendor.

Posisi menyamping kanan maupun kiri

Posisi tidur denagn cara menyamping kanan maupun kiri juga dapat berperan dalam kesehatan. Tidur dengan posisi menyamping ke kanan dapat menyebabkan mulas. Namun, tidur dengan menyamping ke kiri dapat mencegah ketegangan pada organ seperti hati, paru-paru, dan perut, tetapi juga sekaligus mengurangi refluks asam.

Wanita hamil disarankan untuk tidur dengan posisi menyamping ke kiri supaya aliran darah dapat mengalir secara optimal. Vivian Eisenstadt, seorang terapis fisik di Los Angeles, California, mengatakan, jika anda ingin melakukan posisi tidur dengan cara menyamping disarankan untuk menggunakan bantal-bantal seperti bantal ergonomis yang cukup tebal sehingga kepala tidak akan miring ke bawah , gunakan juga bantal kecil yang di letakan di bawah pinggang sehingga perut tidak terlalu menonjol ke bawah, dan gunakan 3 bantal yang di letakan di bagian kaki.

 Posisi dengan meletakan lutut di atas dada

Hal ini dapat menyebabkan sakit leher, punggung, keriput, dan payudara kendor. Tidur dalam posisi seperti janin bagi di dalam perut ini dapat menyebabkan ketegangan pada punggung dan sendi, terutama ketika lutut dan dagu yang terselip di bagian dada.

Melamed menyarankan kita menghindari tidur seperti posisi janin, karena bahu dan leher harus selaras ketika tidur. Posisi tidur dan jenis kasur memiliki peran utama dalam memberikan kualitas yang tidur yang baik sepanjang posisi tubuh pada saat berbaring di tempat tidur.  Tidur malam yang baik tentunya memerlukan lingkungan yang baik untuk tidur, kasur yang baik, dan banyak beristirahat.

Posisi pada bagian perut

Tidur dengan posisi seperti ini akan menempatkan tekanan pada sendi dan otot yang dapat menyebabkan rasa nyeri, mati rasa, dan kesemutan. Posisi ini juga dapat bermanfaat bagi seseorang yang selalu mendengkur, karena akan membantu menjaga saluran napas agar lebih terbuka. Namun, hal ini dapat menyebabkan sakit pada bagian kepala karena adanya tekanan. Posisi ini juga harus dihindari bagi seseorang yang menderita sakit leher atau sakit punggung.

 

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *