Suplemen Terbaik untuk Regenerasi Dan Pertumbuhan Tulang

Menurut University of Maryland Medical Center pertumbuhan tulang dimulai pada awal perkembangan janin yaitu pada usia kehamilan sekitar 6 sampai 7 minggu dan terus berlanjut selama seumur hidup. Sel-sel tulang yang disebut osteoblas, akan terus membentuk jaringan tulang baru, sedangkan sel-sel tulang yang dapat menimbulkan kerusakan disebut osteoklas, yang berfungsi untuk memecah jaringan tulang tua yang perlu diganti.

Proses diet ini akan memainkan peranan penting dalam kesehatan tulang dan mengkonsumsi jenis vitamin tertentu sebagai bagian dari proses diet sehat kita untuk membantu memastikan pertumbuhan tulang yang tepat. Ketika usia kita bertambah, maka secara alami kondisi ini akan menurunkan massa tulang. Kasus seperti ini akan mengakibatkan osteoporosis, yang paling umum terjadi pada wanita yang sudah usia lanjut. Kondisi kesehatan tertentu juga dapat mempengaruhi kepadatan tulang.

Vitamin D dan Kalsium

Vitamin D dan kalsium merupakan dua zat yang sangat penting yang diperlukan untuk pertumbuhan tulang. Kalsium berfungsi untuk membangun tulang dan memenuhi tubuh kita dalam pemenuhan jumlah yang optimal dari vitamin D untuk memaksimalkan penyerapan jumlah kalsium dalam tulang kita. Menurut University of Maryland Medical Center (UMMC), kita harus mendapatkan setidaknya 1,500mg zat kalsium harian.

Health professional nonprofit association created Woman for the Advancement of Research and Education merekomendasikan kita untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium hidroksiapatit, yaitu senyawa yang telah dikaitkan dengan regenerasi tulang yang optimal. Tidak hanya vitamin saja, tentunya tubuh kita membutuhkan beberapa olahraga yang dapat meningkatkan tinggi badan secara optimal, hal ini harus dilakukan untuk mendorong fungsi kerja dari otot tubuh yang sudah diberikan asupan suplemen ataupun vitamin tersebut.

Salah satu jenis vitamin yang sudah diketahui karena khasiatnya dalam kesehatan tulang adalah vitamin D. Ini akan membantu tubuh kita untuk menyerap kalsium untuk memastikan jumlah asupan kalsium yang cukup untuk mendukung pertumbuhan tulang. Vitamin D juga dapat mempengaruhi bagaimana tubuh kita dalam menggunakan zat kalsium dan mempertahankan jumlah vitamin D yang cukup untuk menjamin kalsium tidak akan hilang dari tulang kita serta untuk mengurangi kepadatan tulang. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan 600gr vitamin D setiap hari.

Vitamin K

Vitamin K juga membantu dapat mendukung pertumbuhan tulang yang sehat dengan mengaktifkan tiga protein penting untuk kesehatan tulang. Salah satu protein ini, yang disebut osteocalcin, yang akan membantu osteoblas kita untuk mengikat kalsium dan memasukkannya ke dalam jaringan tulang baru. Protein lainnya yaitu Matriks Gla Protein atau MGP yaitu untuk membantu proses pertumbuhan tulang sambil menjaga jaringan tulang rawan yang sehat. Vitamin K juga mengaktifkan protein ketiga dalam osteoblas, yang disebut protein S. Sementara perannya dalam pertumbuhan tulang belum jelas, tampaknya mempromosikan kesehatan tulang dan meningkatkan kepadatan tulang.

Tulang kita juga membutuhkan vitamin K untuk menghasilkan protein yang diperlukan untuk regenerasi tulang. Kita biasanya bisa mendapatkan jumlah kalsium yang diperlukan melalui diet sehat dengan mengandalkan beberapa makanan seperti bayam, brokoli, kubis dan susu rendah lemak. Atau kita juga bisa menggunakan suplemen vitamin K dengan hati-hati jika kita menggunakan obat anti-koagulan, karena hal iniakan menimbulkan pembekuan pada darah.

Vitamin C

Tulang yang sehat juga membutuhkan vitamin C atau asam askorbat. Tidak seperti vitamin D dan K, yang mendukung dalam pertumbuhan tulang dengan membuat mineralisasi tulang, vitamin C ini juga akan membantu membuat kolagen yang diperlukan untuk menjaga tulang yang kuat. Serat kolagen memberikan dukungan struktural untuk jaringan tulang Anda – pikirkan tulang Anda sebagai beton bertulang, dengan kolagen sebagai rebar. Melalui perannya dalam memproduksi kolagen, vitamin C juga dapat memperkuat gigi kita, dan akibat dari rendahnya tingkat vitamin C dalam tubuh dapat mempengaruhi gigi dan tulang kita.

Asam lemak omega-3

Menurut UMMC, penelitian telah menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat mendukung dalam regenerasi tulang, seperti dapat meningkatkan penyerapan kalsium dan membantu dalam pertumbuhan tulang. Kita disarankan untuk mengkonsumsi asam lemak omega-3 ini sekitar 4,000mg sehari, lebih tinggi dari dosis harian yang biasanya direkomendasikan untuk penggunaan secara umum.

Makanan untuk tulang yang sehat

Mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan vitamin D, K dan C untuk mendukung kesehatan tulang seumur hidup. Mengkonsumsi susu tanpa lemak sebagai sumber vitamin D dan menambahkan buah berry dan sayuran bayam untuk meningkatkan asupan vitamin C dan K.

Selain itu ada juga beberapa kondisi yang dapat menghambat pertumbuhan tulang kita, akan tetapi pada umumnya faktor penghambat tinggi badan yaitu merupakan faktor genetik dalam keluarga kita, seperti gen yang terdapat dalam keluarga kita yang umumnya memiliki postur badan yang tidak tinggi.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *