Susah Tidur Dan Sistem Kekebalan Tubuh Menurun? Buah Kiwi Solusinya

Buah kiwi ini sudah terlebih dahulu dikenal sebagai obat oleh masyarakat China kuno, karena kandungan sifat tertentu yang terdapat didalamnya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, pada awalnya buah ini diberi nama Gosberi Cina, karena masih termasuk kedalam keluarga buah Beri. Ironisnya, sepanjang perjalanan sejarah, buah ini kemudian dikenal sebagai buah nasional dari Selandia Baru dan diperkenalkan kembali ke dunia sebagai buah kiwi yang diambil dari nama burung yang tidak bisa terbang yang berasal dari Selandia Baru.

Rupanya, buah kiwi ini mulai masuk ke negara Selandia Baru melalui seorang misionaris dan mendapatkan popularitas penuh di negara tersebut serta mulai banyak dibudidayakan secara komersial dan dipasarkan sebagai buah kiwi. Orang-orang Eropa dan Amerika juga dengan mudah menggemari buah ini, karena negara tersebut mulai mengolah dan memproduksi buah kiwi dalam bentuk sereal, sebagai makanan penutup dan jenis olahan makanan lainnya.

Kandungan gizi buah kiwi

Buah apel yang notabene merupakan buah-buahan yang sering kita konsumsi karena kandungan vitaminnya yang sangat tinggi dan dapat didapat, ternyata buah yang kurang diminati oleh masyarakat indonesia ini, buah kiwi juga ternyata mengandung banyak sarat dengan vitamin dan mineral penting yang berfungsi dalam tubuh untuk memberikan dorongan gizi dari dalam tubuh kita.

Berikut ini 7 manfaat buah kiwi sebagai penghasil antioksidan dan pendorong kualitas tidur :

Tinggi sumber vitamin C

Banyak dari kita bahwa lemon dan jeruk merupakan sumber tertinggi dari kandungan Vitamin C, bukan ? Memang benar, tetapi tidak sepenuhnya pendapat itu benar, akan tetapi ternyata ada buah lain yang mempunyai kandungan tertinggi akan kandungan Vitamin C nya yaitu buah Kiwi, karena bisa dibuktikan hanya dalam per 100 gram buah kiwi ternyata mengandung 154 persen kandungan Vitamin C, yang hampir dua kali lipat kandungan Vitamin C dari lemon dan jeruk. Vitamin C ini sangat berperan sebagai antioksidan yang kuat dan dapat menghilangkan penumpukan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan peradangan atau munculnya jenis tertentu dari penyakit kanker serta dapat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap patogen berbahaya lainnya.

Pendorong kualitas tidur

Adakah salah satu dari kita yang mengalami gangguan tidur ?. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Taipei Medical University, mengungkapkan bahwa buah kiwi ini ternyata mengandung banyak senyawa yang dapat berguna sebagai pengobatan, di antaranya sebagai antioksidan dan serotonin yang dapat bermanfaat dalam mengobati gangguan tidur pada seseorang. Mengkonsumsi dua buah kiwi satu jam sebelum tidur dapat sangat membantu dalam mendorong kualitas tidur.

Sumber serat makanan yang baik

Buah yang terkenal karena keeksotisannya ini sangat kaya akan kandungan serat makanannya, yang dapat membantu dalam mencegah timbulnya berbagai penyakit. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Leeds, mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat dapat menurunkan risiko timbulnya penyakit kardiovaskular (CVD) dan penyakit jantung koroner (PJK). Menurut para peneliti di University of Massachusetts Medical School, mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kandungan seratnya akan membuat perut kita merasa kenyang lebih lama dan dapat dengan mudah untuk mengontrol gangguan metabolik lainnya seperti tekanan darah, kolesterol dan gula darah.

Membantu dalam proses pencernaan

Buah kiwi ternyata mengandung enzim yang dikenal sebagai actinidain yaitu sejumlah protein yang dapat melarutkan sifat-sifat dari makanan yang kita konsumsi. Selain itu, buah ini juga dapat membantu dalam melakukan proses pencernaan protein dalam tubuh dan juga dikenal dapat membantu seseorang yang menderita sindrom iritasi usus besar.

Sumber folat yang baik

Hal ini bukan tanpa alasan bahwa negara ginseng Cina menghargai buah yang satu ini sebagai buah yang istimewa, karena sifatnya yang dapat digunakan sebagai pengobatan penyakit. Buah kiwi ini merupakan sumber yang baik dari senyawa vitamin B6, juga atau dikenal sebagai folat, yang sangat bermanfaat bagi wanita hamil karena dapat membantu dalam proses tumbuh kembang janin.

Vitamin dan mineral sebagai asupan energi dalam tubuh

Buah kiwi sarat dengan vitamin dan mineral seperti Vitamin A, B6, B12, E, dan kalium, kalsium, besi dan magnesium. Ini berkontribusi secara kolektif untuk berfungsi dalam tubuh seperti melancarkan peredaran darah melalui pembuluh, melawan stres, penyerapan zat besi untuk kesehatan tulang dan gigi, penglihatan yang baik, dll kandungan tinggi kalium, membantu dalam menjaga tekanan darah, sedangkan kandungan magnesium ini yang akan membantu dalam fungsi saraf dan otot.

Sebenernya kandungan baik dalam buah kiwi ini sangatlah banyak dan tentunya dapat menghasilkan manfaat untuk tubuh kita. Dan ternyata buah kiwi ini sangat bermanfaat dalam pengobatan penyakit asma, jantung hingga kanker. Walaupun buah ini tidak begitu banyak diketahui, setidaknya kita bisa mengetahui beberapa kandungan yang terdapat dalam buah kiwi tersebut.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *