Tanda-Tanda Penyakit Alzheimer Yang Harus Anda Ketahui

Alzheimer adalah penyakit yang paling ditakuti oleh manusia karena menyerang fungsi bagian otak sehingga otak tidak dapat mengingat sesuatu atau cepat lupa terhadap sesuatu yang baru saja dia lakukan lebih tepatnya lagi kehilangan memori otak.

Memang saja pengindap penyakit alzheimer ini lebih kebanyakan orang yang sudah lanjut usia di atas 60 tahun dan lebih sedikit di atas 40 tahun, bahkan anak remaja pun sudah ada yang mengalami penyakit yang menyerang otak ini. Tidak hanya menyerang dengan batas usia tertentu saja, penyakit ini menyerang wanita maupun laki laki tanpa mengenal ras ataupun budaya, dan salah satu orang terpenting pada tahunnya yaitu presiden amerika yang ke 40 RONALD REAGAN juga mengalami penyakit alzheimer.

Ada bebrapa faktor pendukung yang bisa mengakibatkan tumbuhnya penyakit ini seperti jika anda adalah pengidap hipertensi yang mencapai usia 40 tahun ke atas, pengidap kencing manis,Kurang berolahraga, dan juga faktor keturunan jika ada keluarga anda yang memiliki penyakit ini di usia 50 an.

Untuk mengetahui secara langsung terhadap penyakit alzheimer perlu kita ketahui beberapa tanda tanda tentang awal mula anda mengidap penyakit alzheimer ini :

Mudah lupa

Hal ini memang pasti terjadi ketika seseorang mengidap penyakit alzheimer, karena menyerang fungsi otak tentunya menganggu memori yang ada di otak dan akan membuat kita menjadi sering lupa. Ketika menaruh sesuatu dan tidak dapat mengingatnya kembali, bahkan yang paling parah bisa lupa terhadap namanya sendiri.

Kehilangan memori

Orang dengan berpenyakit alzheimer akan sering mudah lupa tentang apa yang baru saja di lakukan, semua memori tentang masa lalu yang biasa kita ingat sedikit atau ringkas saja orang penderita alzheimer bahkan tidak bisa mengingatnya sama sekali.

Hilangnya kemampuan motorik

Ini akan mengganggu kemampuan si penderita untuk memakai sesuatu seperti bagaimana menggunakan sendok untuk makan bahkan memakai baju. Ini di karenakan terganggunya gejala sensorik pada otaknya.

Paranoid

Akan membuat si penderita mengalami halusinasi dalm penglihatan contohnya melihat suatu objek yang di anggap nyata dan ada, padahal menurut orang yang sehat objek tersebut tidak tampak. Hal inilah yang akan membuat si penderita lebih agresif terhadap apapun.

Selalu mengulangi ucapan

Dalam hal seperti ingin ketenangan pada diri sendiri si penderita alzheimer akan sering mengulangi sesuatu yang sama ketika bercakap cakap dengan orang lain dan perkataan atau pertanyaan yang sebelumnya sudah di katakan, atau  tindakan yang sudah di lakukan pun akan di lakukan kembali.

Kesulitan memahami visuospasial

Keadaan seperti ini akan terjadi dengan ciri ciri sulit membaca, menentukan jarak sesuatu benda, membedakan warna, dan yang lebih nya lagi bisa saja susah untuk menuang air di gelas namun tidak tepat menuangnya sehingga tumpah.

Sulit membuat keputusan

Sulitnya membuat keputusan akan terjadi karena berhubungan langsung dengan pikiran dan otak, sehingga membuat keputusan pun menjadi masalah. Contoh besarnya seperti sulitnya menggunakan uang, membayar tagihan apapun, serta sulitnya menggunakan kaos kaki dengan menentukan yang kiri atau yang kanan.

Tidak peduli dengan lingkungan

Penderita cenderung tidak akan memperdulikan hal lain, sebagai contohnya tentang kebersihan, si penderita ini akan lupa apakah dia sudah mandi atau belum, dan sudah menyikat gigi atau belum. Bisa saja hal hal yang sepele seperti yang lainnya bisa terjadi seiring berjalannya penyakit itu.

Penyakit alzheimer bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia dan kategori semua manusia bisa saja mengalami penyakit ini karena penyebab yang berbeda, seperti tingginya kadar kolesterol dan tekanan darah dan rendahnya kadar vitamin folat. Selain  itu juga bisa dikarenakan akibat dari penyakit sroke dan jantung.

Kita seharusnya bisa menjaga pola makan serta berolahraga untuk menyehatkan dan menyegarkan badan serta pikiran, tidak terkecuali dengan beberapa pencegahan yang bisa di lakukan sejak sekarang. upaya pencegahan seperti mengkontrol kadar kolestrol dan tekanan darah, hidup sehat dengan berolah raga dan makan makanan sehat seimbang.

 

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *