Tips Sederhana Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah bagian penting dari indera tubuh kita yang merupakan indera paling sensitif dan vital. Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan mata untuk mematiskan kita agar mempunyai penglihatan yang baik dan sehat. Kita hanya perlu untuk mengikuti langkah-langkah sederhana untuk menjaga kesehatan mata kita tersebut. Memiliki kondisi mata yang terbilang sehat dan komprehensif, tentunya akan membuat kita berpikira bahwasanya kondisi penglihatan kita tersebut baik-baik saja.

Tetapi ada baiknya jika kita selalu memeriksakan kondisi kesehatan mata untuk mematiskan tidak adanya gangguan ataupun kerusakan pada mata kita. Tanpa mereka sadari ketika masalah kesehatan mata terganggu, mereka lebih senang dan nyaman menggunakan lensa kontak, yang justru hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan mata lainnya. Selain itu, banyak penyakit mata umum seperti glaukoma, penyakit mata diabetes dan-degenerasi makula terkait usia sering tidak memiliki tanda-tanda peringatan. Sebuah pemeriksaan mata melebar adalah satu-satunya cara untuk mendeteksi penyakit ini pada tahap awal mereka.

Mengetahui sejarah kesehatan mata keluarga

Sangat penting jika kita melakukan beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mendiagnosis atau mengetahui kondisi kesehatan mata kita hanya dengan mencoba untuk mengetahui kondisi kesehatan mata dari keluarga kita, seringkali kerusakan atau gangguan mata banyak disebabkan oleh kondisi yang turun temurun. Hal ini akan membantu untuk menentukan apakah kita berada pada risiko tinggi untuk mengembangkan penyakit mata atau tidak.

Mengkonsumsi makanan yang sehat

Jenis makanan yang dapat menyehatkan mata bukan hanya wortel saja, akan tetapi masih ada jenis buah-buahan dan sayuran yang bedaun hijau khususnya seperti bayam, kangkung, atau collard hijau yang juga mempunyai peranan penting untuk menjaga mata kita agar tetap sehat. Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa ada manfaat untuk kesehatan mata dari ikan yang mmepunyai kandungan tinggi asam lemak omega 3 seperti salmon, tuna, dan halibut.

Menjaga berat badan yang sehat

Meningkatnya berat badan secara berlebihian atau obesitas ternyata juga mempunyai risiko terhadap diabetes dan kondisi sistemik lainnya, yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan, seperti penyakit mata yang disebabkan oleh penyakit diabetes atau yang disebut sebagai glaukoma. Saatnya gunakan EYE CARE SOFTGEL menjaga, melindungi dan menyehatkan mata tanpa menimbulkan efek samping!

Memakai kacamata pelindung

Memakai kacamata pelindung saat bermain olahraga atau melakukan kegiatan lain jika dilakukan diluar sekitar rumah. Kacamata pelindung tersebut termasuk kedalam jenis kacamata keselamatan yang berfungsi untuk penjaga mata yang dirancang khusus untuk memberikan perlindungan yang benar untuk aktivitas tertentu. Kebanyakan lensa kacamata pelindung yang terbuat dari polikarbonat, yaitu merupakan jenis lapisan pelindung yang 10 kali lebih kuat dari jenis plastik lainnya. Banyak penyedia perawatan mata yang menjual kacamata pelindung, seperti yang dipasarkan oleh beberapa toko barang olahraga.

Menghilangkan kebiasaan merokok

Penelitian telah menghubungkan kerusakan mata yang diakibatkan oleh kebiasaan merokok dengan peningkatan risiko mengembangkan berkaitan dengan usia degenerasi makula, katarak, dan kerusakan saraf optik, yang semuanya dapat menyebabkan kebutaan.

Menghindari sinar UV

Kacamata adalah aksesori fashion yang banyak digunakan oleh orang-orang, apalagi seseorang yang mempunyai pekerjaan yang mempunyai dampak terhadap kesehatan mata, seperti halnya bekerja dengan komputer seharian penuh, pastinya mengharuskan seseorang tersebut untuk menggunakan kacamata khusus anti radiasi untuk mencegah masuknya radiasi berlebihan dari komputer tersebut. Kacamata juga mempunyai fungsi untuk menjaga mata kita dari paparan sinar ultraviolet matahari. Ketika membeli kacamata hitam, usahakan untuk mencari kaca yang dapat memblokir 99-100 persen terhadap paparan UV-A dan radiasi UV-B.

Mengistirahatkan mata secara rutin

Jika kalian sering menghabiskan banyak waktu di depan komputer atau selalu terfokus pada satu objek, biasanya kita akan lupa untuk berkedip dan mata pun akan mudah menjadi lelah. Cobalah menggunakan aturan 20-20-20: jadi setiap 20 menit, kita memalingkan mata sekitar 20 kaki di depan kita selama 20 detik. Hal ini dapat membantu mengurangi kelelahan mata.

Mencuci tangan ketika akan menggunakan lensa kontak

Untuk menghindari risiko terjadinya infeksi, ada baiknya kalau kita selalu mencuci tangan dengan bersih sebelum meletakkan atau mengambil lensa kontak yang akan digunakan. Pastikan untuk mensterilkan lensa kontak seperti yang sudah dianjurkan dan menggantinya secara rutin.

Selain cara-cara tersebut kita juga harus menjaga pola asupan makan kita, karena makanan yang kita konsumsi juga sangat berpengaruh terhadap tubuh terutama untuk kesehatan mata kita. Tapi, apakah benar wortel sangat baik untuk kesehatan mata?, karena banyak yang berasumsi bahwasanya wortel ini mempunyai kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk melindungi mata. Kita juga harus mengetahui beberapa resiko penyakit yang dapat merusak mata, agar kita lebih mudah lagi untuk mengetahui dan mendiagnosis kondisi mata dengan cepat.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *